Perjalanan Gordon Ramsay di Indonesia

No Comments
Gordon Ramsay 'can't wait' to put beef 'rendang' on his ...

Jakarta - Episode 'Gordon Ramsay: Uncharted' di Indonesia akhirnya tayang. Di Sumatera Barat, Gordon Ramsay mencicipi durian yang eksotis hingga belajar bikin rendang!
'Uncharted' adalah program televisi National Geographic yang dipandu Ramsay sejak Juli 2019. Di acara ini Ramsay tidak menilai hasil masakan peserta kompetisi masak, melainkan menjelajah 6 negara di 4 benua. Ia ditantang memasak hidangan eksotis di wilayah-wilayah yang dikunjungi.

Gordon Ramsay: Uncharted mencuri perhatian netizen Indonesia karena salah satu wilayah yang dikunjungi adalah Sumatera Barat. Episode penjelajahan Ramsay di Sumatera Barat tayang pukul 9.00 pagi ini (29/6).

Ada banyak kegiatan seru yang ia lakukan di provinsi dengan ibu kota Padang ini. Chef kelahiran Inggris ini bahkan mempelajari berbagai resep masakan tradisional khas Sumatera Barat seperti rendang dan terong balado.

Ramsay tak sendirian karena ia ditemani pakar kuliner Indonesia, William Wongso dan culinary story teller Indonesia, Ade Putri Paramadita. merangkum berbagai fakta unik soal Gordon Ramsay 'Uncharted' Indonesia seperti berikut:

1. Uncharted syuting di 6 negara di 4 benua

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat
Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

Sebelum proses syuting, Uncharted sudah jadi perbincangan hangat di kalangan foodies. Pasalnya National Geographic menggandeng Ramsay sebagai bintang program dokumenter ini.

Program ini memperlihatkan sosok Ramsay yang mendalami soal rempah, juga bahan makanan lain sampai tradisi kuliner di masing-masing wilayah yang Ramsay kunjungi. Chef yang terkenal sering memberi kritik pedas ini bahkan memasak di tiap wilayah.

Ramsay akan menggunakan bahan-bahan lokal termasuk memasak makanan tradisional khas wilayah itu. Ia didampingi dengan chef lokal yang akan mengajarkannya berbagai hal. Beberapa wilayah yang ia kunjungi adalah Sacred Valley di Peru, Afrika Utara, Selandia Baru, Laos, hingga Indonesia.

2. Syuting diam-diam di Sumatera Barat

Saat syuting Gordon Ramsay 'Uncharted' Indonesia, Ramsay dan seluruh tim yang terlibat tidak memamerkan momen syuting mereka di media sosial. Namun tetap saja ada tanda-tanda yang menunjukkan kalau chef internasional ini ada di Indonesia.

Diketahui pada pertengahan Januari 2020, Ramsay berkunjung ke Tanah Datar, Batusangkar. Ramsay mengunjungi Istano Basa Pagaruyung untuk menikmati bajamba, tradisi makan bersama yang dilakukan masyarakat Minangkabau.

Pada 20 Januari 2020 Ramsay syuting Pacu Jawi di Nagari Sungai Jambu. Pacu Jawi sendiri adalah tradisi balap menggunakan dua ekor sapi. Tak kalah menarik, chef 53 tahun ini juga menyambangi Ngalau Simarasok, gua eksotis di Sumatera Barat untuk memancing udang.

3. Belajar masak rendang

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat
Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

Salah satu momen Gordon Ramsay 'Uncharted' Indonesia yang paling menarik perhatian adalah ketika ia mencari William Wongso untuk belajar bikin rendang. Sebelumnya ia bahkan menjelajah pasar tradisional di Sumatera Barat untuk belajar mengulek bumbu dengan ulekan khas Minang.

William Wongso menceritakan bahwa Ramsay sangat terpukau dengan komposisi rendang dan proses masaknya. Dalam tayangan National Geographic ini bahkan terlihat momen keakraban Ramsay dan William Wongso saat masak rendang dengan latar ngarai yang cantik.

Momen lucu terlihat ketika turun hujan saat Ramsay dan William Wongso serius memasak. Ramsay bahkan sempat memberi William Wongso wajan besar untuk dijadikan 'payung' agar proses masak rendangnya tak terganggu. "Saya pikir saya tahu sesuatu soal masakan Indonesia sebelum saya sampai sini, tapi saya belajar dari dasar dengan Anda," kata Ramsay.


Keduanya lomba masak rendang untuk disajikan pada Gubernur Sumatera Barat beserta keluarganya. William Wongso membuat rendang versi tradisional, sementara Ramsay membuatnya sedikit berbeda. Ia memakai tenderloin yang terkenal empuk. Potongan daging ini juga diasapi dulu olehnya sebelum diolah bersama bumbu rendang. Dua bahan utama yang Ramsay pakai adalah jahe dan minyak kelapa.

4. Bilang durian mirip otak manusia

Ramsay tak ketinggalan mencicipi durian, buah eksotis asal Indonesia yang terkenal tidak disukai orang Barat. Banyak dari mereka terganggu dengan aroma durian yang tajam. Tak sedikit orang yang bahkan jadi mual atau mabuk saat mencium durian.

Namun di Gordon Ramsay 'Uncharted' Indonesia, Ramsay beranikan diri cicip durian. Ia ditemani Ade Putri Paramadita saat mampir ke kedai durian pinggir jalan. Nampak sebelumnya Ramsay berani menciumi kulit durian. "Oh My God," kata Ramsay sebagai kesan pertamanya.


Tampak pula wajah ragu dan mual dari Ramsay saat hendak mencicipi durian. Ia mengatakan tampilan durian seperti otak manusia. Meski begitu ia berani mencoba durian langsung dengan tangannya, walau setelahnya terlihat semakin mual. "Seperti sesuatu yang basi, mirip otak manusia. Ini bukan seleraku. Antara disukai atau dibenci ini seperti pizza Hawaii," tutur Ramsay.

5. Tanggapan William Wongso dan Ade Putri Paramadita soal Ramsay

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat

William Wongso bercerita kalau aslinya Gordon Ramsay adalah sosok yang baik dan rendah hati (humble). "Dia adaptasi ke budaya orang lain. Uncharted memang nggak ada yang glamor. Dia (Ramsay) masuk ke kearifan lokal," kata William.

William Wongso bahkan merasa tersanjung karena digandeng terus oleh Ramsay saat menuruni tangga di Pagaruyung. "Dia selalu tanya umur saya benar 72 tahun? Setelah itu saya merasa jadi orang tua, digandeng terus (sama Ramsay) saat turun tangga di Pagaruyung. Dia baik banget dan bilang ke saya 'You're my mentor'," lanjut William.

Sementara itu Ade Putri Paramadita di Instagramnya memberi kesan usai mendampingi kunjungan Ramsay di Sumatera Barat. "Tentu, merupakan pengalaman berharga bisa bekerja bareng Gordon Ramsay @gordongram dan tim-nya untuk @natgeochannel. Tapi lebih dari itu, adalah sebuah kebanggaan tersendiri ketika berkesempatan memamerkan kekayaan tradisi budaya dan kuliner Sumatera Barat dalam keindahan alam Indonesia, untuk sebuah acara televisi internasional," katanya.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.